Dust Devil, Fenomena Pusaran Angin yang Panjang

Dust Devil, Fenomena Pusaran Angin yang Panjang

Penemuan NASA yang dianggap paling mengerikan dan penuh misteri, Dust Devil merupakan pusaran pasir yang dipercaya memiliki kekuatan mistis dari iblis. Fenomena ini tertangkap oleh salah satu kamera satelit milik NASA yang memang dikirim ke planet Mars.

Mars menjadi salah satu planet yang penuh misteri dan sering di kunjungi NASA. Astronot Apolo 11 percaya kalau di Mars terdapat kehidupan. Namun belum diketahui jelas, apa sebenarnya yang hidup di Mars. Dengan munculnya fenomena tornado angin Dust Devil membuat NASA akan terus melanjutkan ovservasi.

Dust Devil, Fenomena Pusaran Angin yang Panjang

Badan Antariksa Eropa Temukan Tanda “Dust Devil” di Mars

Pada Mei 2021 lalu, NASA merilis foto & video penangkapan hasil helikopter milik perusahaan yang ditugaskan di Planet Mars. Terdapat 3 titik pusaran udara dan pasir yang sangat lama dalam video tersebut. Informasi yang dirilis NASA langsung booming dan menjadi trending topik.

Fenomena Dust Devil di Mars

Udara yang menjadi pembentuk Dust Devil ini dipertanyakan. Padahal seperti yang kita ketahui kalau udara hanya ada di planet Bumi. Sebagian warganet yang percaya fenomena ini diciptakan oleh roh iblis yang tidak sengaja tertangkap kamera NASA.

Artikel Terkait:

Fenomena Hujan Turun di Puncak Lapisan Es Greenland

Video dibuat dengan 1.054 frame yang diambil dengan kamera Mastcam-Z sebelah kanan di atas rover Perseverance. Kecepatan video X4 dan kontras ditingkatkan untuk menampilkan 2 debu setan di awal video dan satu lagi lewat di belakang Ingenuity saat mendarat.

Namun NASA tentunya tidak bisa menerima tanggapan dari warganet begitu saja. NASA meyakini kalau fenomena Dust Devil terjadi akibat udara kering yang bertemu dengan titik tanah lebih panas daripada area di sekitarnya. Ray Arvidson, bertanggung jawab akan menelusuri lebih lanjut tentang fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya di Mars.

Di Bumi, dust devil dapat mencapai ketinggian 1 km dengan diameter 10 meter. Di Mars dust devil ini dapat terbentuk hingga ketinggian 20 km dengan diameter 200 meter. Untuk pertama kalinya fenomena terjadi di Mars, NASA akan mengabadikan bukti sebagai bahan penelitian lebih lanjut.